Search...

Custom Search

Minggu, 06 Juni 2010

Dial-UP Modem CDMA Prolink P2000 di Ubuntu 9.04

Dial-UP Modem CDMA Prolink P2000 di Ubuntu 9.04

Untuk menikmati internet yang stabil tentunya hanya di distribusi linux, yang sangat menjanjikan, baik mendapatkan kenyamanan akibat stabilnya akses juga aman terhadap serangan virus, Trojan Spyware, Malware Dll.

Langsung saja langkah langkah untuk melakukan Dial-up yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :


  1. Tentunya langkah awal yang harus ada yaitu Modem CDMA Prolink 1X P2000, jika belum punya coba aja beli di toko-toko terdekat di kota anda, harga kisaran 400 ribu.Untuk Picture nya seperti ini.
  2. Kemudian buka terminal dan ketikkan lsusb untuk mengetahui devices modem anda jika terdeteksi maka akan ada port tertentu yang bertuliskan qualcom.Inc ini merupkan nama perusahaan pembuat Prolink P2000
  3. Baca dulu apa pesan dan cari beberapa kekurangan dari sistem anda yang diperlukan untuk dial up.disini ditemukan pesan bahwa perlu untuk installasi wvdial , ini bisa di download disini http://linmodems.technion.ac.il/packages/wvdial_jautnty_amd64.zip atau wvdial_jautnty_i386.zip seterusnya exstrak dan compile dengan perintah berikut :


  4. $unzip wv*.zip

    $cd /wvdial_jautnty_i386

    wvdial_jautnty_i386$ sudo dpkg -i *.deb

  5. Setelah langkah ke empat sudah kita lakukan, kemudian masuk pada System-Preferences-Networking Connections buat masuk pada menu Mobile Broadband kemudian tambahkan konfigurasi, sesuai dengan kartu yang anda gunakan, disini saya menggunakan Telkom FLexi. dengan ketentuan berikut NUMBER : #777 , USERNAME : 4yyke85j@free(sesuai dengan account yang diberikan ketika anda sudah teregistrasi baik harian dengan tarif Rp.2500 atau dengan 15000 untuk satu minggu serta 50.000 untuk satu bula UNLIMITET) PASSWORD : telkom simpan dengan nama flexi


  6. Sebaiknya anda restart system anda terlebih dahulu.
  7. Mulai Men Dial-Up lewat terminal dengan perintah wvdia flexi jika berhasil anda akan mendapat Ip Address dan DNS secara otomatis.kemudian biarkan jendela terminal tetap terbuka/lakukan akses internet sepuasnya.Jika selesai tekan aja CTRL-C untuk mengakhiri Dial-UP.terlihat seperti pada gambra berikut : hasil koneksi download

Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan! Terimakasih

Sebenernya kalau semua sudah dilakukan dengan bener untuk melakukan koneksi cukup dengan perintah $ sudo wvdial aja trus di enter.

Dari berbagai cara di atas cukup dapat di simpulkan dan dapat di sederhanakan bahwa untuk melakukan dial-up modem pada ubuntu yang harus ada dan diperlukan adalah sebagai berikut :

  1. Installasi wvdial
  2. Installasi usb-modeswitch yang sebelumnya blm ada di artikel di atas.(Hal ini perlu dilakukan untuk memudahkan dial-up pada modem yang sebelumnya jika tanpa dual (Linux&Windows) kita harus memancing memaksa supaya modem dapat dikenali oleh ubuntu.dengan melakukan installasi usb-modeswicth ini kita tidak perlu melakukan pancing-memancing dari windows. kita colokkan langsung saja maka modem akan dikenali.
  3. Konfigurasi wvdial yang terletak pada /etc/wvdial.conf
  4. Mulai melakukan dial-up.dengan perintah $sudo wvdial
  5. Selamat mencoba.

5 komentar:

parkside mengatakan...

bro, ane gagal instalnya di ubuntu 8.10, pas isntal SLMODEMD_gcc4.3_alsa1.0.18.tar.gz , gw gk ngerti...

KPLI-TRENGGALEK mengatakan...

sbenarnya tinggal installasi wvdial aja udah beres kalau bener-bener terdeteksi. cara mendeteksinya tinggal ketik lsusb di terminal.selanjutnya tinggal konfigurasi wvdial aja.

Aditya's mengatakan...

coba yg ini mas,,
aku uda coba 100% berhasil ;)
http://all-resolved.blogspot.com/2010/05/resolved-setting-modem-cdma-prolink.html

modem cdma mengatakan...

wah, nice info bro..
nanti ane coba, ntar ane mampir lagi klo ada pertanyaan.

Anonim mengatakan...

sorry ni bro ganggu....
aq baru di linux
masalah
wvdial aq nggak bisa konek..
ada yg salah di nano configurasinya..
aq tambahan Modem = /dev/ttySLY (sly) itu dibelkangnya..
bisa kirim aslinya nggak?
thanks...

Posting Komentar

Terimaksih anda telah berkunjung dan berkomentar di web blog kami.